Tips Paling Mudah Memilih Durian Matang Dan Manis

2 Menit 53 Detik

12 Februari 2015 00:00

0Share

Banyak orang yang menyukai buah durian tetapi tidak paham bagaimana tips memilihnya saat membeli dalam keadaan utuh tertutup kulitnya dari pedagang. Terbukti banyak yang memutuskan untuk membeli di supermarket dalam keadaan terbuka. Alasannya bisa melihat kondisi daging buah duren, walaupun jika di supermarket harganya bisa 3x lebih mahal. Berikut tips yang berguna di dalam memilih buah durian saat masih tertutup rapat.

Sangat disayangkan sebagai buah asli Indonesia, tapi masyarakatnya tidak paham cara memilihnya. Untuk itu, anda perlu paham ciri-ciri buah duren yang lezat dalam keadaan tertutup adalah:

Pilihlah yang kondisi jarak antar duri yang jarang pada permukaan kulit. Hal ini menandakan dagingnya padat.
Pilih yang berbentuk bulat karena dagingnya tebal dibandingkan yang berbentuk lonjong.
Coba cium pada bagian kulit, jika masih terasa tajam baunya berarti dagingnya matang lezat. Jika tidak tercium harum duren, berarti sudah lama dan “masuk angin”.
Perhatikan tangkal buah duren. Jika terpotong rata, bisa jadi sebelum masak, buah duren sudah dipetik.
Jangan pilih yang berat karena menandakan masih mentah. Untuk tips ini, anda harus membandingkan buah duren yang ukurannya sama.
Cobalah untuk mengguncangkan dan jika terasa ada yang bergerak berarti buahnya matang kering. Ini lebih lezat daripada yang lembek.
Pukullah permukaan kulit duren. Jika terdengar suara bergema, maka tandanya buah tersebut matang dan lezat.

Cara Memilih DurianCara Memilih Durian Yang PahitTrik Memilih DurianCara Memilih Durian MatangBuah DurianFood (TV Genre)Durian (Ingredient)